Friday, October 10, 2008

Ramadhanku kali ini.. BEDA!

Beda?, ya iyyalaah.. masa ya iya dong (duh latah :p)
Ramadhan kali ini hanya 12 hari pertama saya menjalankan ibadah shaum. Soalnya kali ini saya memiliki kewajiban untuk menyusui Khayla yang usianya masih 4 bulan. Saya berusaha sekali untuk memberikan ASI eksklusif hingga usianya mencapai 6 bulan, insyaAllah. 
Pada awal Ramadhan sebenarnya tidak ada masalah dengan Khayla terkait dengan ibadah shaum yang saya jalankan. Tapi mulai lewat 10 hari pertama, Khayla mulai menunjukkan perubahan, jadi sedikit/agak rewel. Lama menyusui menjadi lebih panjang, mungkin karena kandungan ASI pada saat itu ia rasakan berbeda dengan sebelumnya. Memang seharusnya menyusui tidak menghalangi kita untuk beribadah shaum, asalkan asupan makanan cukup dan gizi seimbang. Pola makan hanya digeser, yaitu pada saat sahur, setelah berbuka, dan malam setelah tarawih atau menjelang tidur. Permasalahan sebenarnya ada pada diri saya yang tidak terbiasa (dan mungkin tidak bisa) makan dua kali di malam hari.. jadinya mungkin kandungan kalori dan gizi menurun. Selain itu saya seringkali ketiduran (lagi-lagi), sehingga tidak sempat menambah kalori, setidaknya mengemil..
Rutinitas sehari-hari selama ramadhan adalah mengasuh Khayla, aktivitas perkuliahan, dan juga asistensi. Sebenarnya biasa-biasa saja, tapi karena aktivitas menyusui cukup menguras energi, kondisi badan terkadang tidak fit benar..sehingga gampang sekali kelelahan.. (itulah sebabnya kenapa seringkali ketiduran :p) 
Semoga Allah menerima amalan ibadah saya yang sederhana di bulan Ramadhan ini.. Aamin..

No comments: